fbpx
L O A D I N G

Tips Pas Foto Agar Menarik

Sebagian orang merasa pas foto adalah momen foto yang tidak biasa dengan alasan tidak bisa berpose secara formal. Hal ini merupakan suatu hal kewajaran dari setiap orang karena sudah terbiasa selfie atau foto dengan pose yang menyenangkan. Sebenarnya tidak banyak aturan bagaimana cara pas foto yang baik. Akan tetapi anda harus mengerti hal apa saja yang perlu anda persiapkan agar pas foto anda jauh lebih baik dan terlihat terbaik. Berikut kami berikan tips pas foto agar menarik. 

Gunakan Warna Background Foto Natural

Sebelum anda melakukan pas foto alangkah baiknya anda harus mencari informasi terlebih dahulu warna background apa yang akan anda gunakan. Hal ini dikarenakan penggunaan warna background pas foto sesuai dengan kebutuhan anda. Tidak ada persayaratan tertentu tentang warna background foto untuk pas foto. Biasanya warna background pas foto untuk beberapa persayaratan administrasi di instansi / perusahaan berwarna merah, biru, putih, kuning dan hijau. Penggunaan warna netral tidak akan menghilangkan fokus bagi pihak penerima pas foto untuk melihat diri anda, sehingga dapat lebih mengenal pribadi anda. Berikut contoh warna background foto yang bisa anda pilih.

tips pas foto agar menarikFoto oleh Andhika Raya Studio

Bagi Wanita Gunakan Make Up yang Natural

Agar setiap foto yang dilakukan menghasilkan foto yang maksimal maka setiap orang khususnya wanita disarankan untuk make up terlebih dahulu. Yang harus ditekankan dari penggunaan make up untuk pas foto adalah menggunakan make up yang natural. Kenapa ? Apakah kita tidak boleh menggunakan make up yang sedikit berlebihan bagi seorang wanita ? Bukannya tidak diperbolehkan tetapi pas foto bersifat formal sehingga penggunaan make up yang natural dapat menghasilkan foto dengan karakter pribadi yang elegan.

Hindari Make Up Tebal
Jangan tergoda untuk memulas wajah anda dengan makeup yang terlalu tebal atau bold. Yang perlu diingat, pas foto adalah foto formal bukan foto untuk acara pesta atau hangout. Selain itu tidak perlu menambah pulasan yang bisa membuat anda “keluar” dari karakter atau identitas anda. Seperti tidak perlu memakai lipstik merah tua, ungu atau lipstik warna bold lainnnya, bulu mata palsu, atau efek smokey eyes yang menor.

Hindari Shimmer
Hindari penggunaan shimmer karena shimmer dari make up dapat membuat foto terlihat lebih buruk dan shimmer yang terlalu tebal dapat membuat efek seperti glitter saat wajah terkena lighting studio. Selain itu apabila memiliki warna kulit yang gelap tidak perlu memakai translucent powder, meskipun translucent powder dapat membuat wajah lebih cerah dan kering (tidak berminyak). Alasannya yaitu penggunaan bedak tersebut akan membuat efek warna wajah di foto menjadi warna abu – abu. Jika kulit anda berminyak cukup menggunakan kertas minyak untuk menghilangkan minyak di wajah anda.

Pakai Bronzer Sebagai Opsi Anda
Jika tempat fotonya menggunakan flash yang sangat tajam dan terang, anda juga bisa menyelamatkan warna muka dengan menggunakan bronzer yang warnanya satu atau dua tingkat dari warna kulit. Hal ini agar wajah anda tidak terlalu terang dan putih saat terkena flash yang sangat terang, tetapi ini sifatnya opsional. Jika flash-nya tidak terlalu terang, anda disarankan tidak perlu menggunakan bronzer.

Bagi Wanita Berambut Panjang Harus Dirapikan

Pada umumnya wanita yang tidak berhijab memiliki style rambut panjang yang diuraikan ke depan. Hal ini sangat tidak direkomendasikan jika rambut anda diuraikan ke depan saat melakukan sesi pemotretan. Anda harus menguraikan rambut ke belakang agar terkesan lebih rapi. Karena obyek yang di ambil olek kamera hanya berfokus pada wajah dan badan anda. Selain itu rambut yang diuraikan ke depan dapat menutupi bagian telinga, bahu dan mata anda. Bagi anda yang memiliki tipe rambut ikal atau bergelombang anda tidak perlu meluruskan rambut terlebi dahulu, anda dapat merapikan rambut dengan cara membasahi atau menggunakan spray kemudian diuraikan ke belakang.

Bagi Laki-Laki Harus Merapikan Rambut

Bagi seorang laki-laki yang memiliki rambut panjang harus merapikan rambut dengan cara membasahi atau memakai minyak rambut dan disisir agar terlihat rapi. Usahakan tidak ada rambut yang menutupi dahi dan telinga anda. Jangan menyisir rambut ke arah atas seperti bentuk kerucut atau membuat poni di depan yang terlalu panjang, Anda harus menyisir rambut ke arah samping atau sesuai dengan style rambut anda dengan catatan harus rapi dan formal. Gunakan style rambut yang sewajarnya.

Hijab Harus Rapi

Bagi anda yang berhijab cukup merapikan posisi hijab anda agar tidak terlihat acak-acakan dan lebih formal. Posisi hijab jangan sampai terlalu menutupi dahi anda, selain itu jangan sampai rambut anda ada yang terlihat dan jangan sampai terlalu menutupi pipi anda. Gunakan hijab yang mudah mengikuti bentuk wajah anda sehingga dapat memperlihatkan bentuk telinga anda. Jika anda menggunakan hijab yang panjang usahakan kedua ujung hijab anda di posisikan ke belakang sehingga terlihat lebih rapi. Penggunaan warna hijab tentunya juga berpengaruh terhadap foto anda. Untuk foto yang bersifat resmi gunakan hijab yang tidak bermotif dengan warna yang netral (tidak mencolok) atau bermotif simpel.

Kemeja Harus Rapi

Usahakan saat pas foto menggunakan kemeja / hem berkerah dan tentunya kemeja harus rapi agar pas foto anda terlihat lebih resmi. Selain itu gunakan kemeja yang bisa menyesuaikan dengan bentuk badan anda, dapat dikatakan tidak terlihat seperti kebesaran. Apabila saat pas foto tidak menggunakan kemeja maka anda dapat meminjam jas di tempat anda foto. Hal ini dikarenakan standar pas foto adalah menggunakan kemeja yang sifatnya formal. Sebagai pelengkap saat foto anda bisa menggunakan dasi yang ukurannya menyesuaikan dengan postur tubuh anda. Dasi yang digunakan sebaiknya tidak bermotif (dasi polos) agar kesan formal dan elegan di foto anda.

Memakai Kacamata atau Tidak

Banyak yang masih bingung apakah kita diperbolehkan menggunakan kacamata atau tidak saat melampirkan foto lamaran kerja. Sebenarnya tidak ada peraturan mengenai diperbolehkan atau tidak menggunakan kacamata. Jika di persyaratan lamaran kerja tidak ada syarat harus menggunakan kacamata maka anda yang berkacamata aktif diperbolehkan untuk menggunakan kacamata. Tetapi bagi anda yang memang tidak berkacamata aktif maka sebaiknya tidak perlu menggunakan kacamata saat foto.

Ekspresi Wajah yang Paling Pas untuk Anda

Setelah anda mempersiapkan hal-hal diatas dengan baik, pada saat sesi pemotretan anda harus menunjukkan ekspresi wajah yang pas untuk anda. Hal ini dikarenakan pada saat sesi pemotretan, obyek yang paling utama yang dibidik oleh viewfinder (jendela bidik) kamera adalah wajah. Anda harus menampilkan ekspresi tersenyum yang tidak berlebihan. Kesan yang ditimbulkan saat wajah tersenyum adalah tidak kaku, ekspresif, tidak sedih, tidak merenung dan tidak melamun. Meskipun kondisi kita di saat foto sedang grogi ataupun lagi ada masalah usahakan tetap tampil tersenyum yang tidak memperlihatkan gigi kita. Anda dapat berlatih terlebih dahulu di depan kaca agar anda dapat bisa berekspresi yang resmi pada saat foto.

tips pas foto agar menarikFoto oleh Andhika Raya Studio

Berdiri atau Duduk Tegak dengan Bahu Lurus

Pengaturan posisi badan kita di saat pas foto sangat menentukan hasil foto. Berdiri atau duduk tegak merupakan tips bagi kita agar badan kita terkesan formal dan membantu kita agar lebih rileks saat foto. Selain itu bahu harus diluruskan agar foto yang dihasilkan lebih seimbang. Anda bisa melakukannya dengan bercermin terlebih dahulu atau meminta fotografer untuk membantu anda mengatur posisi badan yang benar. Jika anda dalam posisi duduk, anda posisikan kedua tangan anda ke bawah agar badan tegak dan posisi kedua bahu sama rata. Jangan membuat posisi tangan yang memegang pinggul atau tangan yang diangkat agar kemeja dan jas yang anda digunakan tidak terlihat kerutan.

tips pas foto agar menarikFoto oleh Andhika Raya Studio

Posisi Kepala Tidak Miring

Selain berdiri atau duduk tegak dengan bahu yang lurus, kita juga harus memperhatikan posisi kepala kita. Kepala merupakan pusat obyek bidikan lensa kamera saat melakukan foto lamar kerja. Masih banyak fotografer atau orang yang berfoto kurang memperhatikan posisi kepala. Masih ada posisi kepala yang miring, menghadap ke atas bahkan posisi kepala bergaya selfie. Sebaiknya posisi kepala haru lurus menghadap ke depan (ke arah lensa kamera) tidak miring, tidak menunduk, dan terlalu melihat atas. Kepala anda harus lurus melihat ke depan sesuai dengan tinggi badan anda.

Konsultasi dengan Fotografer

Tips pas foto agar menarik yang terakhir adalah anda disarankan untuk berkonsultasi terlebih dahulu kepada fotografer atau studio foto tentang pas foto yang anda butuhkan. Sehingga ada dapat diarahkan oleh fotografer untuk melakukan foto yang baik dan benar.

Bagaimana ? Apakah anda masih merasa kalau pas foto adalah hal yang menyulitkan ? Semoga dengan informasi tersebut anda bisa lebih memahami tips pas foto agar menarik. Selamat beraktifitas kembali ……

Baca juga artikel kami tentang

Pas Foto Jember
Pas Foto Polisi dan TNI Jember

Jika anda ingin mencari jasa pas foto terbaik di kota Jember anda dapat menghubungi Andhika Raya Studio dengan cara mengunjungi website kami andhikaraya.com atau menghubungi kami dengan cara berikut:

tips pas foto agar menarik

atau melalui instagram kami :

tips pas foto agar menarik

5 comments on “Tips Pas Foto Agar Menarik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *