L O A D I N G

Tips Foto Wisuda Keren

Salah satu momen yang bahagia di masa dewasa yaitu menjadi wisudawan / wisudawati perguruan tinggi. Rasa bangga setelah sekian tahun merantau di kota lain untuk menempuh jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Tentunya momen bahagia tersebut tidak ingin melewatkan bersama mantan terindah, teman, pasangan dan keluarga besar yang jauh datang menghadiri wisuda kita. Kami yakin anda membutuhkan tips foto wisuda agar foto wisuda anda terlihat keren dan berkualitas. Berikut tips foto wisuda versi Andhika Raya Studio sehingga foto wisuda anda tidak akan mengecewakan.

Memesan Studio Foto / Fotografer Jauh Hari
Hari wisuda hanya terjadi sekali setelah sekian tahun menempuh pendidikan. Tidak hanya anda yang diwisuda, akan tetapi ratusan wisudawan yang akan melakukan foto wisuda. Sebaiknya anda memesan studio foto / fotografer minimal 3 minggu sebelum anda wisuda. Setiap studio foto dan fotografer di kota anda pasti akan penuh daftar booking foto wisuda. Pastinya anda tidak ingin tidak kebagian slot booking foto wisuda.

Pilih Jasa Studio Foto / Fotografer yang Profesional
Setiap siswa, mahasiswa atau sekolah kedinasan yang akan diwisuda pasti menginginkan foto wisuda yang terbaik. Kami menyarankan sebaiknya anda mencari informasi jauh hari terhadap studio foto / fotografer yang ada di kota anda. Informasi itu sangat penting agar anda mengetahui portofolio dan kualitas foto yang dihasilkan setiap studio foto / fotografer. Anda bisa mencari informasi porfotofolio tersebut di website, youtube, instagram dan facebook. Jangan salah memilih jasa foto wisuda agar anda tidak kecewa di lain hari.

Pemilihan jasa studio foto sangat kami prioritaskan karena banyak pengalaman dari wisudawan yang mengeluhkan tentang kualitas foto yang kurang maksimal. Ada 2 hal yang sangat perlu anda ketahui mengenai kualitas foto wisuda. Pertama, selain anda melihat portofolio yang ditampilkan oleh masing-masing fotografer, anda dapat menanyakan peralatan apa saja yang disediakan oleh setiap fotografer / studio foto. Kedua, peralatan yang memenuhi standar untuk menghasilkan foto yang maksimal adalah kamera profesional Full-Frame, lighting studio (pencahayaan), dan background (polos / property). Penggunaan kamera Full-Frame akan memberikan kualitas foto yang jauh lebih detail daripada kamera APSC. Hal ini berakibat foto yang dihasilan memiliki resolusi yang tinggi dan tidak akan pecah saat anda ingin mencetak foto anda dalam ukuran besar. Informasi mengenai perbedaan kamera Full-Frame dan APSC dapat anda baca disini “Perbedaan Kamera Full-Frame APSC“.

Studio Foto atau Fotografer Mandiri ?
Biasanya banyak wisudawan yang kurang bisa membedakan antara studio foto dan fotografer. Memang pada umumnya studio foto dan fotografer pasti akan melayani jasa foto wisuda menggunakan kamera digital. Tetapi tidak hanya itu saja yang dibutuhkan untuk foto wisuda, harus membutuhkan peralatan fotografi yang lengkap agar foto yang dihasilkan berkualitas.

Kami akan menjelaskan lebih detail peralatan yang dibutuhkan beserta fungsinya. Pertama foto wisuda membutuhkan lighting studio (lampu studio) agar obyek (anda) lebih cerah, jelas dan terang. Teknik lighting studio masing-masing fotografer / studio foto berbeda-beda tergantung konsep apa yang akan diberikan kepada. Kedua softbox agar cahaya yang mengenai obyek (anda) lebih merata dari ujung kepala hingga ke ujung kaki. Ketiga kamera fullframe, seperti yang sudah kami jelaskan tadi, anda harus bisa memilih studio foto / fotografer yang menggunakan kamera fullframe karena kamera jenis tersebut dapat membuat foto anda lebih detail dan lebih jelas. Keempat penata gaya profesional, setiap studio foto / fotografer harus memiliki crew penata gaya profesional agar dapat mengarahkan gaya anda ketika anda mati gaya serta dapat memposisikan baju dan toga agar tidak terkesan miring atau terlipat. Kelima teknik fotografi, tidak sembarangan seorang fotografer untuk mengambil foto anda harus mengetahui tentang teknik fotografi yang tepat. Untuk hal ini anda dapat mengetahuinya dari portofolio setiap studio foto / fotografer. Dari penjelasan tersebut anda dapat memilih studio foto atau fotografer mandiri.

Tentukan Foto Indoor atau Outdoor
Banyak wisudawan yang menginginkan foto outdoor di sekitar kampus / sekolah agar foto wisuda terkesan mengingatkan masa perjuangan saat menempuh pendidikan. Keinginan tersebut harus benar-benar anda pertimbangkan karena ketika anda memilih foto outdoor di saat hujan menjadi kendala yang dapat membuat anda menunda untuk foto, sedangkan pihak keluarga sudah datang dan anda khususnya wisudawati sudah make up dari pagi hari. Kami sarankan anda memprediksi musim di bulan hari anda di wisuda. Tidak ada salahnya anda memilih foto outdoor karena foto outdoor / indoor mempunyai kelebihan masing-masing. Jika foto indoor (studio) anda tidak khawatir tentang musim hujan dan anda dapat foto wisuda sesuai dengan jadwal booking foto.

Tentukan Spot Foto Wisuda
Jika anda memilih foto outdoor anda tentukan terlebih dahulu spot foto untuk melakukan foto outdoor. Kenapa harus dilakukan ? Agar di saat anda foto di tempat yang anda inginkan tidak terisi terlebih dahulu oleh orang lain yang sama-sama ingin foto di tempat tersebut. Jika bersamaan anda dapat berkoordinasi dengan wisudawan lain untuk bergantian mengambil fotonya. Hindari tempat yang langsung terpapar oleh sinar matahari karena akan membuat foto anda terlalu over (cahaya yang berlebih), sehingga foto anda tidak bagus. Sebisa mungkin di sudut kampus yang penuh dengan pepohonan dan rindang tentunya instagramable. Apabila harus di tempat yang panas dengan background kampus / sekolah yang anda inginkan tunggulah hingga kondisi di tempat anda lebih dingin.

Tips Foto Wisuda

Siapkan Pose Agar Tidak Mati Gaya
Mempersiapkan referensi pose juga perlu dilakukan agar anda dapat memilih sendiri pose sesuka hati anda. Anda sampaikan ke fotografer pilihan pose anda, meskipun setiap fotografer dan penata gaya memiliki referensi pose untuk anda.

Tentukan Jadwal Foto Anda
Jadwal foto juga sangat penting saat anda melakukan booking jadwal foto wisuda. Sesi foto yang sangat kami sarankan yaitu foto pada saat pagi hari (sebelum prosesi wisuda) dan foto pada sore hari. Foto pada saat pagi hari memberikan kenyamanan pada diri anda sendiri. Hal ini dikarenakan pada saat pagi hari, anda dan keluarga masih terlihat segar dan lebih semangat. Foto pada pagi hari juga sangat menguntungkan buat wisudawati untuk mengurangi keluhan make up yang sudah mulai meluntur. Akan tetapi kami tetap memberikan solusi ketika anda tidak mendapatkan slot foto pada pagi hari anda bisa melakukan foto saat sore hari. Anda akan memiliki jeda waktu untuk mempersiapkan make up kembali atau istirahat sebentar sebelum melakukan foto wisuda. Jika anda foto setelah prosesi wisuda tetap tampil didepan kamera dengan ekspresi senyum, bahagia dan tidak usah malu-malu.

Gunakan Make Up yang Wajar
Khususnya bagi wisudawati gunakan make up yang sewajarnya. Seperti penggunaan lipstik yang natural dengan warna cokelat, peach, pink, atau nude (tidak menor), dan penggunaan pelengkap make up lainnya yang tidak tebal. Hal ini dilakukan agar wajah terlihat sempurna serta dapat memunculkan karakter diri sendiri yang lebih elegan dan berwibawa. Jika tipe wajah anda berminyak gunakan make up yang dapat mengurangi minyak di wajah anda. Efek minyak di wajah sangat dihindari di setiap sesi foto agar wajah anda di foto terlihat fresh. Khusus bagi wisudawan sebelum sesi foto dapat mencuci muka terlebih dahulu biar wajah anda terlihat lebih fresh.

Tips Foto Wisuda

Baca juga artikel kami tentang 6 Tips Memilih Studio Foto Wisuda, Foto Wisuda Termurah Jember. Jika anda bingung mencari studio foto wisuda anda dapat menghubungi kami di instagram andhikarayastudio

Tips Foto Wisuda

1 comments on “Tips Foto Wisuda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *