L O A D I N G
Tips foto ijazah

Tips Foto Ijazah

Pada artikel ini kami akan berbagi tips mengenai bagaimana kita seharusnya mempersiapkan melakukan foto ijazah agar hasil fotonya lebih maksimal. Tentunya yang perlu dipersiapkan ada dua hal, pertama fotografer profesional yang didukung dengan peralatan fotografi yang sesuai dengan standart dan kedua yaitu anda harus tampil bersih dan rapi agar hasil foto anda lebih maksimal. Faktor yang kedua sangat perlu kita bahas lebih detail karena biasanya kita masih menyepelekan persiapan untuk foto ijazah, alhasil foto ijazah kita tidak sesuai dengan ekspetasi. Berikut kami berikan tips foto ijazah yang akan membantu sesi pemotretan ijazah anda.

Harus Tampil Natural
Tampilan diri kita yang natural sangat di rekomendasikan oleh setiap fotografer profesional agar foto ijazah kita mencerminkan diri kita. Tampil yang natural dapat diartikan sebagai bagaimana kita melihatkan diri kita cantik dan tampan tanpa harus menggunakan make up yang berlebihan. Anda cukup mempersiapkan diri lebih tampan dan cantik daripada keseharian anda pada umumnya. Selain itu tampil yang natural tidak perlu menggunakan asesoris tambahan seperti kalung dan anting di wajah. Hal ini dikarenakan foto ijazah adalah foto yang bersifat formal (resmi).

Bagi Wanita Tidak Perlu Make up yang Mencolok.
Terkadang setiap wanita yang ingin tampil di depan kamera selalu ingin kelihatan yang lebih cantik dengan menggunakan make up yang mencolok. Hal ini sangat tidak dianjurkan ketika anda akan melakukan foto formal seperti ijazah, KTP, passport, buku nikah atau foto-foto resmi lainnya. Persiapan yang bisa dilakukan khususnya bagi wanita tidak perlu menggunakan make up yang terlalu mencolok. Bagi wajah anda yang berminyak anda hanya disarankan menggunakan bedak yang bisa mengurangi minyak tanpa harus menggunakan bedak yang berlebihan, sedangkan bagi laki-laki bisa mempersiapkan diri dengan mencuci wajah terlebih dahulu agar tampil lebih segar.

Bagi seorang wanita shimmer juga hal penting yang dibutuhkan saat make up ke acara – acara tertentu. Saran dari kami adalah menghindari penggunaan shimmer karena shimmer dari make up dapat membuat foto terlihat lebih buruk dan shimmer yang terlalu tebal dapat membuat efek seperti glitter saat wajah terkena lighting studio. Selain itu apabila memiliki warna kulit yang gelap tidak perlu memakai translucent powder, meskipun translucent powder dapat membuat wajah lebih cerah dan kering (tidak berminyak). Alasannya yaitu penggunaan bedak tersebut akan membuat efek warna wajah di foto menjadi warna abu – abu.

Bagi Wanita yang Berambut Panjang Diuraikan ke Belakang
Bagi wanita yang tidak berhijab style rambut pada umumnya panjang dan sering di uraikan kedepan agar terlihat lebih cantik. Sangat tidak rekomendasikan jika rambut anda diuraikan ke depan saat melakukan sesi pemotretan ijazah. Penataan posisi rambut juga harus diperhatikan bagi setiap wanita akan pemotretan foto ijazah. Ada 2 hal yang perlu anda ketahui sebelumnya, jika ada ketentuan tentang posisi rambut dari pihak sekolah atau kampus, anda dapat mengikuti ketentuan tersebut. Akan tetapi jika tidak ada ketentuan maka anda dapat mengikuti rekomendasi posisi rambut untuk foto formal.

Anda harus menguraikan rambut ke belakang agar terkesan lebih rapi daripada di uraikan ke depan karena objek yang diambil oleh kamera hanya berfokus pada wajah dan badan. Bagi anda yang memiliki tipe rambut ikal atau bergelombang anda tidak perlu meluruskan rambut terlebih dahulu, anda dapat merapikan rambut dengan cara membasahi kemudian diuraikan ke belakang. Anda juga dapat mengikat rambut anda agar tidak terlihat terlalu mengembang. Pastikan juga rambut anda tidak menutupi telinga pada saat sesi pemotretan.

Bagi Laki – Laki Harus Merapikan Rambut
Tidak hanya bagi wanita untuk diharuskan merapikan rambut, akan tetapi laki-laki juga harus merapikan rambut agar lebih terlihat formal. Bagi seorang laki-laki yang memiliki rambut panjang harus merapikan rambut dengan cara membasahi atau memakai minyak rambut dan disisir agar terlihat rapi. Usahakan tidak ada rambut yang berada di area dahi anda dan menutupi telinga anda. Jangan menyisir rambut ke arah atas seperti bentuk kerucut atau membuat poni di depan yang terlalu panjang, hal ini seperti terkesan kurang rapi dan kurang formal ketika digunakan untuk foto ijazah. Anda diharuskan menyisir rambut ke arah samping atau sesuai dengan style rambut anda dengan catatan harus rapi dan formal.

Bagi Wanita Berhijab Harus Rapi dan Formal
Hijab ibarat seperti rambut yang mencerminkan mahkota bagi seorang wanita. Anda harus merapikan posisi hijab anda agar tidak terlihat acak-acakan dan lebih formal. Hijab yang sangat pas untuk foto ijazah adalah hijab yang mengikuti bentuk wajah anda dan tidak menggunakan hijab yang menutupi dasi atau jas yang anda kenakan. Posisi hijab juga jangan sampai terlalu menutupi dahi anda, jangan sampai rambut anda ada yang terlihat dan jangan sampai terlalu menutupi pipi anda. Hijab yang mengikuti bentuk wajah anda masih dapat memperlihatkan bentuk telinga anda. Posisi hijab juga harus berada di dalam kemeja yang anda kenakan. Akan tetapi jika persyaratan yang dibutuhkan tidak menggunakan jas, anda uraikan kedua ujung hijab anda ke belakang sehingga terlihat lebih rapi.

Posisi Badan Harus Tegak
Point yang terpenting juga saat melakukan foto ijazah yaitu posisi badan kita yang tegak dan kedua bahu lurus. Hal ini dibutuhkan agar foto yang dihasilkan terkesan lebih seimbang. Anda dapat melihat posisi bahu lurus atau tidak saat anda bercermin terlebih dahulu di ruang make up. Apabila kesulitan maka anda dapat meminta seorang fotografer untuk membantu anda memposisikan bahu agar lurus. Walaupun objek utama foto adalah wajah, namun tetap ada sebagian bahu dan badan yang akan masuk ke dalam foto ijzah anda. Untuk itulah pastikan ketika sesi pemotretan posisi bahu benar – benar rata, terutama pria harus kelihatan tegak dan gagah, jangan sekali – kali terlihat membungkuk dan miring agar foto anda lebih maksimal.

Posisi Kepala Harus Lurus Ke Depan
Kepala merupakan pusat obyek bidikan lensa kamera saat melakukan foto ijazah. Foto ijazah yang baik adalah di saat kepala kita tidak miring, tidak menunduk, dan terlalu melihat atas. Kepala kita harus lurus melihat ke depan sesuai dengan tinggi badan kita. Seorang fotografer yang profesional akan mengarahkan posisi kepala kita agar pose foto kita lebih baik.

Posisi Tangan Lurus Ke Bawah
Pastikan posisi tangan anda lurus ke bawah pada saat pemotretan foto ijazah anda. Jangan membuat posisi tangan yang memegang pinggul atau tangan yang diangkat agar kemeja dan jas yang anda digunakan tidak terlihat kerutan. Posisi tangan yang dapat menyebabkan posisi badan anda akan tegak seperti sikap sempurna baris-berbaris.

Kemeja, Jas Dan Dasi Harus Rapi
Setelah kita merapikan rambut, hijab dan membuat muka yang terkesan natural (lebih segar), anda juga harus merapikan kemeja yang digunakan. Tidak hanya itu anda juga harus merapikan jas dan dasi yang digunakan. Biasanya hal ini sering terlewatkan saat sesi pemotetan, memang kita yang lupa atau fotografer yang masih belum bisa mengetahui secara detail obyek yang akan di foto. Kemeja dan kerah kemeja harus terlihat rapi agar tidak terlihat lekukan dihasil foto anda. Selain itu dasi anda diharuskan lurus kebawah karena standar foto yang formal yaitu posisi dasi yang harus rapi.

Foto oleh Andhika Raya Studio

Ekspresi Wajah yang Paling Pas untuk Anda
Ternyata ekspresi wajah mempengaruhi kualitas foto ijazah anda. Hal ini dikarenakan pada saat sesi pemotretan obyek yang paling utama yang dibidik oleh viewfinder kamera adalah wajah. Anda harus menampilkan ekspresi tersenyum yang tidak berlebihan. Kesan yang ditimbulkan saat wajah tersenyum adalah tidak kaku, ekspresif, tidak sedih, tidak merenung, tidak melamun, dan terlihat lebih berwibawa. Meskipun kondisi kita di saat foto sedang banyak masalah usahakan tetap tampil tersenyum yang tidak memperlihatkan gigi kita.

Dari semua penjelasan tips untuk mempersiapkan foto ijazah yang baik dan berkualitas memang terkesan ribet dan banyak hal yang harus anda perhatikan. Anda wajib memperhatikan hal-hal tersebut dikarenakan foto ijazah hanya sekali seumur hidup karena foto ijazah tidak bisa diperbarui seperti foto-foto lainnya. Jika anda ingin mencari jasa foto ijazah terbaik di kota Jember anda dapat menghubungi Andhika Raya Studio dengan cara mengunjungi webiste kami andhikaraya.com atau menghubungi kami dengan cara berikut:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *