A N D H I K A R A Y A
perumahan murah di jember

Perumahan Murah di Jember

Tips Foto Properti Agar Properti Anda Cepat Laku

Aktifnya perkembangan era digital saat ini, membuat peran media platform online menjadi wajib digunakan untuk mendukung bisnis jual-beli-sewa properti khususnya jual-beli perumahan murah di Jember. Dengan adanya platform digital, setiap pebisnis properti dapat mempromosikan setiap properti mereka dengan lebih baik. Hal ini dikarenakan di media platform digital kita dapat menyajikan segala jenis informasi setiap detail kelebihan properti yang ditawarkan kepada pihak pembeli. Tentunya dalam penyajian bisnis properti online anda harus mengutamakan tampilan visual agar lebih menarik minat konsumen untuk membeli properti. Foto merupakan tampilan visual yang penting ketika sedang memasarkan properti anda. Sebab dengan adanya foto, calon pembeli akan lebih mudah melihat bentuk visual dari setiap detil propertinya mulai dari bagian eksterior dan interior rumah. Berikut adalah tips memotret properti agar properti anda cepat laku:

Pilih Jenis Kamera

Masih banyak orang yang belum paham tentang jenis kamera yang digunakan untuk foto properti. Foto properti yang menarik tentu didukung dengan peralatan foto yang kompatibel seperti kamera DSLR / mirrorless. Terdapat 2 jenis kamera DSLR / mirrorless yang dapat anda gunakan yaitu sensor APSC dan Full-Frame. Perbedaan dari 2 jenis sensor tersebut yaitu kamera DSLR / mirrorless dengan sensor Full-Frame memiliki ukuran yang lebih panjang dibandingkan dengan APS-C, sehingga dapat menghasilkan foto yang lebih berkualitas, cerah, detail dan tidak noise. Selain itu terdapat kelebihan yang sangat menguntungkan bagi anda yaitu pada kamera DSLR / mirrorless dengan sensor Full-Frame tidak terdapat Crop-Factor. Pengertian dari Crop-Factor adalah rasio perbandingan dari dimensi sensor suatu kamera terhadap obyek foto. Di dalam kamera Full-Frame tidak terdapat Crop-Factor sehingga dapat menangkap obyek dengan lebih luas dan sangat cocok untuk foto landscape properti anda.

perumahan murah di jember Foto oleh : Andhika Raya Studio Perumahan Rich Village “Bernady Land Group”

Dari ilustrasi tersebut dapat terlihat bahwa kemampuan sensor full-frame dapat menjangkau sudut pengambilan obyek lebih lebar. Sangat cocok sekali jika digunakan untuk memotret properti anda. Selain itu, kamera Full-Frame akan lebih menguntungkan dengan kemampuan ISO yang tinggi. ISO berfungsi untuk membantu menambah pencahayaan anda saat memotret properti sehingga kualitas foto akan lebih terang. Jika anda menggunakan kamera ASP-C dengan ISO yang tinggi maka akan menimbulkan efek noise pada foto alhasil foto menjadi kurang jernih dan kurang bersih. Hal ini tidak berlaku di kamera dengan sensor Full-Frame. Kamera full-frame memiliki sensor dan pixel yang besar, yang akan menghasilkan gambar dengan kualitas yang lebih baik pada ISO tinggi. Hasilnya, noise akan terlihat lebih sedikit dibanding kamera APS-C. Bahkan, kamera full frame dapat diatur hingga ISO maksimal (25.600) atau lebih dengan noise yang lebih sedikit.

Gunakan Lensa Wide

Lensa yang sangat direkomendasikan untuk memotret properti yaitu lensa wide. Lensa sudut lebar atau yang sering disebut dengan lensa wide angle adalah salah satu jenis lensa pada kamera yang dapat mencakup sudut gambar yang luas sehingga lensa ini bisa memasukkan area yang luas dalam satu bidang foto. Fungsi dari lensa wide adalah untuk menangkap objek yang luas dalam jarak dekat atau ruang yang kecil. Ciri khas dari lensa ini adalah membuat objek menjadi lebih kecil dari ukuran sebenarnya. Dengan lensa ini juga anda dapat memotret lebih banyak sudut properti dibandingkan dengan lensa standar. Semakin pendek jarak fokusnya maka semakin lebar pandangannya.

Sebuah lensa wide atau ultrawide adalah kunci kesuksesan anda dalam menyajikan foto properti di sosial media. Sudut pandang yang ditawarkan oleh lensa seperti ini akan memudahkan anda untuk menempatkan orang yang melihat foto tersebut merasa seperti berada di tempat foto yang anda ambil dan membuat mereka merasa seperti sedang berada di rumah tersebut. Hal inilah yang menjadikan lensa wide menjadi kebutuhan utama di saat memotret properti.

perumahan murah di jember Foto oleh : Andhika Raya Studio Perumahan Rich Village “Bernady Land Group”

Maksimalkan Peralatan Fotografi

Peralatan fotografi yang selanjutnya dibutuhkan saat melakukan pemotretan properti yaitu tripod. Jika anda masih kurang terlatih menggunakan kamera profesional secara langsung menggunakan tangan anda dapat menggunakan tripod agar foto anda tidak terlihat miring. Ambil sudut foto dengan waterpass kamera untuk menghindari foto tampak miring, yang disebut dengan converging verticals (garis vertikal terpusat). Anda dapat mengambil sudut foto properti sesuai dengan keinginan anda, yang terpenting foto yang dihasilkan tidak miring. Hal ini dilakukan untuk lebih meyakinkan pembeli terhadap properti yang anda tawarkan.

Satu hal lagi yang harus kita ketahui saat pemotretan properti yang penggunaan aparture kecil (F) pada kamera untuk mendapatkan kedalaman fokus yang dalam, yang akan menyeimbangkan fokus pada objek di latar depan dan latar belakang. Sebaliknya, aparture yang lebih besar akan membuat latar belakang tampak buram. Teknik pengaturan aparture lebih menyesuaikan dengan konsep foto properti yang akan anda posting di sosial media.

perumahan murah di jember Foto oleh : Andhika Raya StudioPerumahan Rich Village “Bernady Land Group”

Perhatikan Komposisi Cahaya

Faktor yang paling terpenting di dalam fotografi yaitu komposisi cahaya. Sumber cahaya akan sangat berpengaruh terhadap kualitas foto properti anda. Terdapat 3 sumber cahaya yang dapat anda gunakan pada saat melakukan pemotretan properti. Berikut tips memotret properti dengan teknik pencahayaan. Untuk memotret properti outdoor anda dapat menggunakan sumber cahaya yang pertama yaitu menggunakan cahaya alami sinar matahari. Cahaya matahari yang terlalu terang dan terlalu gelap akan mengaburkan warna dan detail produk. Usahakan anda melakukan pemotretan pada pukul 06.00 – 09.00 WIB dan pada pukul 15.00 – 17.00 WIB. Kedua waktu tersebut sangat direkomendasikan karena paparan sinar matahari tidak terlalu terang dan tidak terlalu gelap.

Sumber cahaya yang kedua menggunakan speedlight / flash eksternal yang ditambahkan pada kamera profesional. Fungsi speedlight / flash yaitu untuk membantu penambahan cahaya disaat sinar matahari atau sinar lampu kurang memaksimalkan pencahayaan properti anda. Di saat suasana pencahayaan sedikit gelap anda gunakan speedlight dengan tujuan foto properti anda terlihat lebih terang dan detail. Penggunaan sumber cahaya yang terakhir yaitu speedlight profesional untuk foto interior properti anda. Kelebihan menggunakan speedlight profesional dapat membuat foto lebih terang dan pencahayaan yang menyebar di setiap ruang properti anda, sehingga tidak ada sudut properti yang gelap.

perumahan murah di jember

Teknik Pengambilan Foto Perumahan Murah di Jember

Tips foto perumahan murah di Jember selanjutnya yaitu teknik pengambilan foto. Terdapat 2 jenis teknik pengambilan foto properti yaitu teknik foto eksterior dan foto interior. Usahakan tempat atau ruangan yang akan anda foto harus dalam keadaan bersih dan terlihat menarik minat pembeli.

Teknik Foto Eksterior
Teknik foto jenis ini untuk memperlihatkan suasana dan keadaan di luar properti anda. Sehingga anda bisa menempatkan pembeli seperti sedang berada di properti anda. Berikut adalah contoh progres pembangunan perumahan Rich Village yang dapat menjadi inspirasi spot foto properti anda :

  1. Foto Gateway
  2. Foto Jalan Utama
  3. Foto Sudut Luar Rumah

perumahan murah di jember

perumahan murah di jember

perumahan murah di jember

Teknik Foto Interior
Hal yang paling penting dalam pemotretan properti yaitu foto interior. Teknik foto jenis ini lebih memeperlihatkan suasana dan keadaan di dalam properti anda. Berikut adalah contoh progres pembangunan perumahan Rich Village yang bisa menjadi inspirasi spot foto properti anda :

  1. Foto Ruang Tamu
    Pastikan ruang terlihat suasana yang nyaman, rileks dan sudah dilengkapi furnitur lengkap yang lengkap. Termasuk juga perabotan yang tidak berlebihan sehingga terlihat nyaman digunakan untuk tempat berkumpul keluarga.
  2. Foto Kamar
    Kamar yang nyaman tentunya kamar yang bersih dan rapi. Jika kamar perumahan anda sudah tersedia perlengkapan kasur, almari dan ornamen kamar pastikan dalam keadaan bersih dan sudah ditata dengan baik. Anda dapat memotret dari setiap sudut kamar seperti dari arah pintu, jendela, dan sudut kamar lainnya.
  3. Foto Dapur
    Salah satu spot yang paling diidamkan oleh calon pembeli khususnya wanita yaitu tersedianya dapur yang tertata dengan baik. Usahakan ketika memotret dapur hanya tersedia peralatan-peralatan yang hanya mendukung suasana dapur. Singkirkan peralatan yang terkesan tidak menimbulkan kesan dapur yang tertata dengan baik.
  4. Foto Kamar Mandi
    Ambil spot foto dari arah pintu kamar mandi agar pembeli anda dapat mengetahui kondisi kamar mandi properti anda.

Carilah Studio Foto Profesional untuk Foto Properti

Jika anda masih ragu untuk melakukan foto properti sendiri, anda dapat mencari studio foto profesional yang dapat memotret properti anda. Jangan sekali-kali menggunakan studio foto yang menghasilkan foto kurang maksimal. Anda dapat melihat portofolio dari setiap studio foto agar anda tidak kecewa di lain hari. Studio foto yang baik adalah jasa pelayanan foto yang menggunakan kamera Full-Frame dan teknik pencahayan studio (lighting studio) yang tepat. Hal ini sangat perlu dilakukan agar foto yang dihasilkan lebih detail, tajam, cerah dan berkualitas.

Jika anda ingin mencari jasa foto properti / perumahan / real estate / hotel terbaik di kota Jember anda dapat menghubungi Andhika Raya Studio dengan cara mengunjungi website kami andhikaraya.com atau menghubungi kami dengan cara berikut: perumahan murah di jember

atau melalui instagram kami :

perumahan murah di jember